Sabtu, 02 November 2019
  • #gaiaekodayabuana #digdayacittaselaras #manusia #sumberdayamanusia #sustainable #sustainabledevelopment
Share :
Membangun Sumberdaya Manusia Professional di Bidang Pembangunan Berkelanjutan

Isu pembangunan sosial dan lingkungan yang berkelanjutan telah kian menjadi arus utama.  Namun ada realitas yang dihadapi pelaku pembangunan sosial dan lingkungan, yaitu minimnya perhatian pada pengembangan professional dan personalnya. Hal ini disebabkan jarangnya program pelatihan/lokakarya yang khusus dirancang bagi professional di bidang ini. Gaia mengambil peran untuk menjawab kebutuhan ini, dan membangun Digdaya Citta Selaras.

Digdaya Citta Selaras, bermakna memberdayakan dan mengoptimalkan manusia Indonesia  yang berkesadaran dan selaras pikiran-jiwa-raga, juga bijak dan harmonis terhadap alam. Digdaya Selaras  adalah sebuah perusahaan konsultan yang fokus pada pengembangan kapasitas kepemimpinan individual dan organisasi, khususnya untuk isu lingkungan hidup dan kesejahteraan sosial.

Inisiatif ini dimulai sejak tahun 2017.  Digdaya Selaras hadir untuk memenuhi kebutuhan ini, yaitu untuk mengembangkan, memutakhirkan, dan memperkuat kapasitas organisasi juga para stakeholder dan professional yang bergerak di isu-isu pembangunan sosial dan lingkungan ini. Kami percaya,  faktor manusia dalam program apa pun sangatlah penting, sebagai aktor serta agen perubahan. Kapasitas kepemimpinan yang dibangun berdasarkan kekuatan/ keunikan akan mengarah pada pengambilan keputusan yang efektif dan efisien. Selain itu, kapasitas organisasi yang kuat, terutama di tingkat akar rumput, akan mengarah pada tindakan kolektif yang mendukung perubahan sosial yang berdampak positif. Pemimpin yang kompeten dan bersemangat di berbagai tingkatan adalah elemen kunci dalam memberikan hasil yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas lingkungan.

Digdaya menyediakan jasa coaching, mentoring, fasilitasi dan training untuk pengembangan kapasitas kepemimpinan, perencanaan  dan implementasi program pembangunan/intervensi sosial, serta usaha-usaha pengembangan organisasi untuk memperkuat dampak kebermanfaatan. Digdaya mendukung instansi pemerintah, organisasi nirlaba atau pun lembaga lain yang memiliki perhatian pada topik lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat, dan kesejahteraan sosial. Digdaya  mempunyai tenaga ahli dalam hal intervensi perilaku komunitas, pendidikan konservasi dan komunikasi untuk isu-isu pembangunan, termasuk coaching dan teknik fasilitasi. Digdaya  berpengalaman memfasilitasi dan mendukung berbagai organisasi yang bekerja untuk skala akar rumput hingga global.

Hingga saat ini, Digdaya telah bekerja sama dan mendukung perusahaan dan organisasi: Kantor Balai Taman Nasional Batang Gadis, Kantor Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Yayasan Pesona Tropis Alam Indonesia (Yayasan Petai), AHA Center – ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance, Fauna Flora International – Aceh Programme, Fauna Flora International – Indonesia Programme, Catalyze Communications, Godrej Indonesia, Lingkar Temu Kabupaten Lestari, dan Yayasan WWF Indonesia.